BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.     Latar Belakang Masalah

          Pendidikan merupakan proses belajar yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Pendidikan juga merupakan hal yang sangat terpenting bagi manusia untuk menunjang kelangsungan hidup mereka. Fungsi utama dari sebuah lembaga Pendidikan adalah menyelenggarakan pendidikan prajabatan bagi tenaga pendidikan. Pendidikan tersebut bertujuan untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu melaksanakan dan menjalankan tugas-tugas kependidikan dan keguruan secara mandiri dan profesional sebagai tenaga pendidik.

Dalam hal tersebut, Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry menyiapkan Praktek  Pengalaman Lapangan (PPL) yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Fakultas Tarbiyah untuk mengenal secara dekat dan melaksanakan langsung di lapangan bagaimana suatu lembaga pendidikan itu menyelenggarakan tugasnya. Sehingga calon pendidik sebelum melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendidik benar-benar sudah siap dengan segala kemampuan dan pengalaman yang sudah dibekali selama mengikuti kuliah dan dalam melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) atau field experience program ini merupakan muara dari semua program dan komponen kurikulum dikarenakan pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini secara terwujud dilakukan sesudah para mahasiswa calon pendidik telah mendapatkan bekal yang cukup dalam berbagai bidang  yang berkaitan dengan tugasnya  sebagai seorang pendidik, menyangkut seluruh aspek yang berkenaan dengan proses pendidikan. Profesi seorang pendidik bukan bersifat amatinisme atau sistem coba – coba (trial and error) melainkan profesi ini merupakan pelatihan dan pembekalan serta persiapan yang cukup matang demi peningkatan SDM yang berkualitas.

Penulis adalah salah seorang dari sekian banyak mahasiswa yang mendapat kesempatan untuk mengikuti Praktek Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di di SMAN 12 Banda Aceh.

  1. B.     Maksud dan Tujuan PPL

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat diartikan sebagai sebuah proses yang praktis dan dialami secara langsung di sekolah dengan mendapatkan bimbingan dan arahan dari guru yang bersangkutan dan ikut berpartisipasi dalam hal-hal yang berkaitan dengan sekolah sehingga menjadi pengalaman bagi seorang pendidik yang baik.

Adapun tujuan dari Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah:

  1.         1.     Untuk memenuhi syarat bagi setiap mahasiswa Fakultas Tarbiyah semester VII (salah satu mata kuliah yang berbobot 4 SKS).
  2.         2.     Untuk mempersiapkan mahasiswa Tarbiyah menjadi tenaga yang terampil dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik.
  3.         3.     Untuk melatih kedisiplinan mahasiswa, mengembangkan sikap, kepribadiaan dan kepercayaan sebagai seorang pendidik.
  4.         4.     Untuk melatih calon pendidik dalam menerapkan ilmu yang diperolehnya secara langsung di lapangan.
  5.         5.     Untuk membentuk calon pendidik yang berpengalaman dan siap pakai.
  6.         6.     Untuk melatih mahasiswa menjadi pembimbing dan tenaga administrator.
  7.         7.     Untuk melatih calon pendidik dalam memahami lingkungan sekolah serta menjalankan tata tertib yang berlaku.

Di samping tujuan umum pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) juga mempunyai tujuan khusus yaitu, dimana tujuan khusus ini dapat diklasifikasikan atas 3 (tiga) kelompok :

  1. Aspek Pengetahuan

Mahasiswa calon guru diharapkan untuk dapat memiliki kemampuan pengetahuan teoritis yang berkaitan dengan belajar mengajar.

  1. Aspek Keterampilan

Mahasiswa calon guru diharapkan memiliki keterampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis ke dalam praktek lapangan teaching dan non-teaching.

  1. Aspek Sikap

Mahasiswa calon guru diharapkan memiliki komitmen terhadap tugas-tugas profesional antara lain menyelesaikan diri dengan tuntutan profesional yang semakin berkembang dan memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama pelayanan dalam pendidikan yang bertujuan untuk kepentingan orang banyak.

Adapun penyusunan laporan ini bertujuan untuk memberikan masukan-masukan dalam rangka mengevaluasi, pemberian nilai maupun teknik pelaksanaan PPL mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry. Masukan ini diharapkan bisa diaplikasikan dimasa mendatang, baik dalam hal teknik maupun dalam hal materialnya menuju peningkatan profesionalisme mahasiswa praktikan dalam takaran real objektif.

artikel ini hanya sebagian di tampilkan ……..
Untuk mendapatkan  laporan observasi secara keseluruhan dapat klik di bawah ini….:

LAPORAN Observasi PPL