ABSTRAK

 

Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar salah satunya sangat tergantung pada metode atau cara guru mengajar. Kenyataannya masih banyak juga guru yang menggunakan metode mengajar secara konvensional, sehingga proses belajar siswa bersifat pasif. Hal ini yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan seorang pendidik dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi penentuan perubahan entalpi reaksi adalah dengan model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan  penerapan model pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap: (1) Aktifitas Siswa (2) Respon Siswa (3) Ketuntasan Hasil Belajar dan (4) Hasil Belajar Siswa. Rancangan penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yang berupa Pre-Eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pre-Test-Post-Test. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA3 yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap aktivitas siswa, tes dan angket. Data observasi dianalisis dengan menggunakan teknik persentase sedangkan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase rata-rata untuk aktivitas belajar siswa adalah 87,5% dapat dikategorikan sangat tinggi. (2) Respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) mencapai persentase 90,62% yaitu sangat tertarik. (3) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal terhadap materi Penentuan Perubahan Entalpi Reaksi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mencapai 91,67%. (4) Hasil belajar siswa pada kelas  XI IPA3 SMA Negeri 12 Banda Aceh lebih tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) yaitu thitung = 8,42 yang ternyata lebih besar dari harga ttabel adalah 2,069. Hal ini sesuai dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan 23 dari tabel distribusi diperoleh t (0,95) ( 23 ) = 2,069, karena thitung >t tabel  yaitu 8,42 > 2,069 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data di atas maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan Tipe TPS bersifat aktif. (2) Respon siswa pada pembelajaran kooperatif Tipe TPS dapat dikatakan sangat tinggi. (3) Ketuntasan siswa secara klasikal telah tercapai dengan nilai 91,67%. (4) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe TPS meningkat.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Perubahan Entalpi, Hasil Belajar.

…….  power poin skripsii dapat di download di sini:   Power Point Andri